Saturday, April 13, 2013

SUMBER DAYA TANAH


KATA PENGANTAR


Segala puji kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Sumber Daya Alam ini dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dengan adanya penyusunan laporan seperti ini, pengamatan yang kami laksanakan dapat tercatat dengan rapi dan dapat kita pelajari kembali pada kesempatan yang lain untuk kepentingan proses belajar kita terutama dalam materi pembelajaran Sumber Daya Tanah.
Bersama ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada Drs. Sutardji  sebagai dosen mata kuliah Sumber Daya Alam yang telah memberikan banyak saran, petunjuk dan dorongan dalam melaksanakan tugas ini, juga rekan-rekan mahasiswa semua. Semoga segala yang telah kita kerjakan merupakan bimbingan yang lurus dari Yang Maha Kuasa.
Dalam penyusunan tugas ini tentu jauh dari sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan dan penyempurnaan tugas ini dan untuk pelajaran bagi kita semua dalam pembuatan tugas-tugas yang lain di masa mendatang. Semoga dengan adanya tugas ini kita dapat belajar bersama demi kemajuan kita dan kemajuan ilmu pengetahuan.




   Semarang, 22 Maret 2013


              Tim Penyusun
                                                                                                 Arif Nur Hidayat


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .....................................................................................................................i
KATA PENGANTAR ...................................................................................................................ii
DAFTAR ISI .................................................................................................................................iii

BAB I. PENDAHULUAN
A . LATAR BELAKANG .............................................................................................1
B .TUJUAN MAKALAH...............................................................................................2
1.      BAB II. ISI
1. PENGERTIAN SUMBER DAYA  TANAH………………………………………………………….……2
2. MANFAAT SUMBER DAYA TANAH  …..............................................................3
3. DAMPAK POSITIF DAN DAMPAK NEGATIF SUMBER DAYA TANAH........4
4. PENANGANAN PENCEMARAN TANAH.............................................................6
5. LOKASI PEMANFAATAN SUMBER DAYA TANAH.........................................7

BAB III PENUTUP
             A. KESIMPULAN………………………………………………………………………………………………………..……12







 BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
             Tanah adalah lapisan litosfer (kerak bumi) paling atas yang terdiri atas batuan yang telah lapuk, air, udara, dan sisa-sisa organisme (bahan organik). Jenis tanah dapat dipengaruhi oleh tenaga diluar bumi, seperti angin, curah hujan, dan suhu udara. Perbedaan  jenis batuan dan iklim disetiap tempat mengakibatkan adanya perbedaan jenis tanah. Tanah tersusun atas mineral, sisa-sisa organisme, air dan udara. Selain itu, tanah terdiri atas lapisan-lapisan. Lapisan tanah dapat dilihat dari penampang atau profil tanah. Sebuah profil tanah merupakan sampel yang diambil dari permukaan tanah sampai kedalaman tertentu.
            Tanah di wilayah Indonesia ini berbeda-beda meski dalam kesuburannya maupun ketinggiannya. Potensinya pun berbeda-beda, serta tidak sembarang tanaman yang dapat di tanah tersebut, karena berbeda jenis tanahnya berbeda pula tanaman yang sesuai untuk di tanam di tanah tersebut.
               Maka dari itu kami ingin membahas tentang sumber daya tanah  Indonesia agar kita semua mengetahui macam-macam tanah yang ada di Indonesia. Dalam hal ini kami mengharapkan agar semua pembaca dapat mengetahui dan memahami tentang tanah serta dapat mendefinisikannya.
               Namun seiring berjalannya waktu, kesuburan yang dimiliki oleh tanah Indonesia banyak yang digunakan sesuai aturan yang berlaku tanpa memperhatikan dampak jangka panjang yang dihasilkan dari pengolahan tanah tersebut. Salah satu diantaranya, penyelenggaraan pembangunan Pembangunan kawasan industri di daerah-daerah pertanian dan sekitarnya menyebabkan berkurangnya luas areal pertanian, pencemaran tanah dan badan air yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas hasil/produk pertanian, terganggunya kenyamanan dan kesehatan manusia atau makhluk hidup lain.
Hal  1
                   Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia  pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, sepertihewan ,tumbuhan  dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik seperti,minyak bumi, gas alam, berbagai jenis, logam, air dan tanah . Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta  revolusi industry telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan  pada satu abad belakangan ini, terutama sumber daya tanah yang belakangan ini sangat di butuhkan karena populasi manusia yang semakin meningkat.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan sumber daya tanah?
2.      Apa manfaat sumber daya tanah?
3.      Dampak positif dan dampak negatif sumber daya tanah?
4.      Menyebutkan lokasi pemanfaatan sumber daya baik di Indonesia maupun luar negeri?
      C. Tujuan Penulisan
1.      Agar mahasiswa mengetahui apa itu sumber daya tanah.
2.       Agar mahasiswa mengetahui manfaat sumber daya tanah.
3.      Agar mahasiswa mengetahui dampak positif dan dampak negatif sumber daya tanah.
4.      Agar mahasiswa mengetahui lokasi pemanfaatan sumber daya tanah
BAB II (PEMBAHASAN)
“SUMBER DAYA  TANAH”
2.      Pengertian Sumber Daya Tanah
Sumber daya tanah adalah sumber yang berasal dari tanah atau sumber daya material yang dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan demi kesejahteraan manusia.
Sumber daya tanah merupakan sumber daya alam yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia karena diperlukan dalam setiap kegiatan manusia, seperti untuk pertanian, daerah industri, daerah pemukiman, jalan untuk transportasi, daerah rekreasi atau daerah-daerah yang dipelihara kondisi alamnya untuk tujuan ilmiah.
Sumber daya tanah mempuyai sifat antara lain;
1.     
Hal 2
Sumber daya tanahnya mempunyai jenis tanah yang berbeda antara daerah yang stu denga daerah yang lain.
2.      Sangat ketergantungan pada pengolahan .
3.      Sumber daya tanah bersifat tidak akan habis .
3.      Manfaat Sumber Daya Tanah Untuk Kehidupan,
            Berikut manfaat sumber daya tanah untuk kehidupan,  yaitu;
1.      Penyediaan unsur hara untuk tumbuhan. Ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat produksi suatu tumbuhan. Jumlah dan jenis unsur hara yang tersedia di tanah dan dibutuhkan oleh tumbuhan haruslah sesuai dan seimbang.
2.      Penyedia makanan untuk biota tanah. Tanah menjadi habitat pengurai yang menguraikan sisa organisme mati menjadi bahan makanan yang dibutuhkan oleh tanaman dan organisme lain.
3.      Sebagai habitat hidup dan melakukan kegiatan. Tanah merupakan tempat manusia dan makhluk hidup lainnya melakukan kegiatannya. Di dalam tanah, hidup pula berbagai organisme tanah, misalnya cacing tanah.
4.      Sumber bahan baku barang kerajianan atau perabot rumah tangga. Kandungan tanah liat dapat di manfaatkan manusia untuk membuat batu bata, barang-barang seni dan kerajinan, maupun alat-alat rumah tangga. Tanah liat juga dapat dimanfaatkan salah satunya sebagai bahan baku genteng penutup atap rumah atau bangunan.
5.      Memiliki nilai ekologi, yaitu mampu menyerap dan menimpan air (melindungi tata air), menekan erosi, serta menjaga kesuburan tanah.
6.      Memiliki nilai ekonomis yaitu sebagai aset yang dapat disewakan atau diperjual belikan
Misalnya; Rumah, lahan pekarangan , hotel dll. 
7.      Mengandung barang tambang atau bahan galian yang berguna untuk manusia.
misalnya; berguna sebagai bahan untuk pembuatan rumah.
8.      Dengan mengetahui ke 7 manfaat sumberdaya tanah ini, kita dapat menjaga dan melestarikannya serta menghindari pencemaran.
9.      Dapat digunakan untuk kelangsungan hidup manusia misalnya; untuk pertanian, daerah industry bahan baku tanah , daerah pemukiman, jalan untuk  transportasi, daerah rekreasi, perkebunan dll.

Hal 3
 

4.      Dampak Positif Dan Dampak Negatif Sumber Daya Tanah
·         Dampak positif dari sumber daya tanah;
1)      Sebagai Sumber barang kerajinan dan bahan baku dalam pembuatan rumah atau bangunan, misalnya digunakan untuk pembuatan batu bata, keramik, gerabah,dll.
2)      Untuk penyediaan unsur hara untuk tumbuhan. Ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat produksi suatu tumbuhan. Jumlah dan jenis unsur hara yang tersedia di tanah dan dibutuhkan oleh tumbuhan haruslah sesuai dan seimbang.
3)      Sebagai Penyedia makanan untuk biota tanah. Tanah menjadi habitat pengurai yang menguraikan sisa organisme mati menjadi bahan makanan yang dibutuhkan oleh tanaman dan organisme lain.
4)      Sebagai habitat hidup dan melakukan kegiatan. Tanah merupakan tempat manusia dan makhluk hidup lainnya melakukan kegiatannya. Di dalam tanah, hidup pula berbagai organisme tanah, misalnya cacing tanah.
5)      Memiliki nilai ekologi, yaitu mampu menyerap dan menimpan air (melindungi tata air), menekan erosi, serta menjaga kesuburan tanah.
6)      Memiliki nilai ekonomis yaitu sebagai aset yang dapat disewakan atau diperjual belikan
Misalnya; Rumah, lahan pekarangan , hotel dll. 
7)      Mengandung barang tambang atau bahan galian yang berguna untuk manusia.
misalnya; berguna sebagai bahan untuk pembuatan rumah.
·         Dampak negatif dari sumber daya tanah
1. Bila sumber daya tanah digunakan secara berlebihan maka akan menyebabkan tanah menmjadi labil atau rusak.
      2. Bila penggunaan sumber daya tanah berlebihan maka akan mengakibatkan pencemaran tanah. Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).
Hal 4
 

KOMPONEN-KOMPONEN BAHAN PENCEMARAN TANAH 
1. Limbah domestik
Limbah domestik dapat berasal dari daerah: pemukiman penduduk; perdagang-an/pasar/tempat usaha hotel dan lain-lain; kelembagaan misalnya kantor-kantor pemerintahan dan swasta; dan wisata, dapat berupa limbah padat dan cair.
1.1. Limbah padat berupa senyawa anorganik yang tidak dapat dimusnahkan atau diuraikan oleh mikroorganisme seperti plastik, serat, keramik, kaleng-kaleng dan bekas bahan bangunan, menyebabkan tanah menjadi kurang subur. Bahan pencemar itu akan tetap utuh hingga 300 tahun yang akan datang. Bungkus plastik yang kita buang ke lingkungan akan tetap ada dan mungkin akan ditemukan oleh anak cucu kita setelah ratusan tahun kemudian.
        Sampah anorganik tidak ter-biodegradasi, yang menyebabkan lapisan tanah tidak dapat ditembus oleh akar tanaman dan tidak tembus air sehingga peresapan air dan mineral yang dapat menyuburkan tanah hilang dan jumlah mikroorganisme di dalam tanahpun akan berkurang akibatnya tanaman sulit tumbuh bahkan mati karena tidak memperoleh makanan untuk berkembang.
1.2. Limbah cair berupa; tinja, deterjen, oli, cat, jika meresap kedalam tanah akan merusak
       kandungan air tanah bahkan dapat membunuh mikro-organisme di dalam tanah.
2. Limbah industri
Limbah Industri berasal dari sisa-sisa produksi industri. .
2.1 Limbah industri berupa limbah padat yang merupakan hasil buangan industri berupa padatan, lumpur, bubur yang berasal dari proses pengolahan. Misalnya sisa pengolahan pabrik gula, pulp, kertas, rayon, plywood, pengawetan buah, ikan daging dll.
Hal 5
2.2 Limbah cair yang merupakan hasil pengolahan dalam suatu proses produksi, misalnya sisa-sisa pengolahan industri pelapisan logam dan industri kimia lainnya. Tembaga, timbal, perak, khrom, arsen dan boron adalah zat-zat yang dihasilkan dari proses industri pelapisan logam seperti Hg, Zn, Pb, Cd dapat mencemari tanah. Merupakan zat yang sangat beracun terhadap mikroorganisme. Jika meresap ke dalam tanah akan mengakibatkan kematian bagi mikroorganisme yang memiliki fungsi sangat penting terhadap kesuburan tanah.
DAMPAK YANG DITIMBULKAN AKIBAT PENCEMARAN TANAH
Berbagai dampak ditimbulkan akibat pencemaran tanah, diantaranya:
1. Pada kesehatan
Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan, jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. Kromium, berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak, karena dapat menyebabkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi.
2. Pada Ekosistem
Pencemaran tanah juga dapat memberikan dampak terhadap ekosistem. Perubahan kimiawi tanah yang radikal dapat timbul dari adanya bahan kimia beracun/berbahaya bahkan pada dosis yang rendah sekalipun. Perubahan ini dapat menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. Akibatnya bahkan dapat memusnahkan beberapa spesies primer dari rantai makanan, yang dapat memberi akibat yang besar terhadap predator atau tingkatan lain dari rantai makanan tersebut.
·         PENANGANAN PENCEMARAN TANAH
Ada 2 cara untuk penanganan pencemaran tanah
1. Remidiasi
Hal 6
Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Ada dua jenis remediasi tanah, yaitu in-situ (atau on-site) dan ex-situ (atau off-site). Pembersihan on-site adalah pembersihan di lokasi. Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah, terdiri dari pembersihan, venting (injeksi), dan bioremediasi.
Pembersihan off-site meliputi penggalian tanah yang tercemar dan kemudian dibawa ke daerah yang aman. Setelah itu di daerah aman, tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar. Caranya yaitu, tanah tersebut disimpan di bak/tanki yang kedap, kemudian zat pembersih dipompakan ke bak/tangki tersebut. Selanjutnya zat pencemar dipompakan keluar dari bak yang kemudian diolah dengan instalasi pengolah air limbah. Pembersihan off-site ini jauh lebih mahal dan rumit.
2. Bioremediasi
Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri). Bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun (karbon dioksida dan air).
5.       Lokasi pemanfaatan sumber daya tanah
            Pemanfaatan sumber daya tanah dapat digunakan untuk pertanian, industry bahan baku dari tanah, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan.

 Persebaran hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan

Hal 7
Negara kita memiliki wilayah daratan dan perairan yang sangat luas. Sebagian besar wilayah daratnya merupakan tanah yang subur. Banyak sekali hasil pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Perairan Indonesia juga kaya akan hasil perikanan. Selain itu, di banyak tempat juga dilakukan usaha peternakan. Perhatikan peta berikut ini! Peta itu menunjukkan persebaran hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan di Indonesia. 

a. Persebaran hasil pertanian
Hasil pertanian negara kita antara lain padi (beras), jagung, ubi kayu, kedelai, dan kacang tanah. Di mana saja persebaran hasil pertanian ni?
􀂙 Padi (beras)
Hal 8
Daerah penghasil padi (beras) antara lain Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Barat. 
􀂙 Jagung
Daerah penghasil jagung antara lain Jawa Tengah (Wonosobo, Semarang, Jepara, dan Rembang); Jawa Timur (Besuki, Madura); serta Sulawesi (Minahasa dan sekitar danau Tempe).
􀂙 Ubi kayu (singkong)
Daerah penghasil singkong adalah Sumatera Selatan, Lampung, Madura, Jawa Tengah (Wonogiri), dan Yogyakarta (Wonosari).
􀂙 Kedelai
Daerah penghasil kedelai adalah Jawa Tengah (Kedu, Surakarta, Pekalongan, Tegal, Jepara, Rembang), D.I. Yogyakarta, Jawa Timur (Jember).
􀂙 Kacang tanah
Daerah penghasil kacang tanah ialah Sumatera Timur, Sumatera Barat, Jawa Tengah (Surakarta, Semarang, Jepara, Rembang, Pati), Jawa Barat (Cirebon, Priangan), Bali, dan Nusa Tenggara Barat (Lombok). 

b. Persebaran hasil perkebunan

Hasil perkebunan negara kita antara lain tebu, tembakau, teh, kopi, karet, kelapa (kopra), kelapa sawit, cokelat, pala, cengkeh, lada, dan vanili. Di mana saja persebaran hasil perkebunan tersebut? Mari kita lihat satu per satu.
􀂙 Tebu
Daerah penghasil tebu, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sumatera (Nangroe Aceh Darussalam).
Hal 9
 

􀂙 Tembakau
Daerah penghasil tembakau ialah Sumatera Utara (Deli), Sumatera Barat (Payakumbuh), Bengkulu, Sumatera Selatan (Palembang), Jawa Tengah (Surakarta, Klaten, Dieng, Kedu, Temanggung, Parakan, Wonosobo), dan Jawa Timur (Bojonegoro, Besuki).
􀂙 Teh
Daerah penghasil teh, yaitu Jawa Barat (Bogor, Sukabumi, Garut), Jawa Tengah (Pegunungan Dieng, Wonosobo, Temanggung, Pekalongan), Sumatera Utara (Pematang Siantar), dan Sumatera Barat.
􀂙 Kopi
Daerah penghasil kopi, yaitu Jawa Barat (Bogor, Priangan), Jawa Timur (Kediri, Besuki), Sumatera Selatan (Palembang), Bengkulu (Bukit Barisan), Sumatera Utara (Deli, Tapanuli), Lampung (Liwa), Sulawesi (Pegunungan Verbeek), Flores (Manggarai).
􀂙 Karet
Daerah penghasil karet, yaitu D.I. Aceh (Tanah gayo, Alas), Sumatera Utara (Kisaran, Deli, Serdang), Bengkulu (Rejang Lebong), Jawa Barat (Sukabumi, Priangan), Jawa Tengah (Banyumas, Batang), Jawa Timur (Kawi, Kelud), dan Kalimantan Selatan ( pegunungan Meratus).
􀂙 Kelapa (kopra)
Daerah penghasil kelapa, yaitu Jawa Barat (Banten, Priangan), Jawa Tengah (Banyumas), D.I. Yogyakarta, Jawa Timur (Kediri), Sulawesi Utara (Minahasa, Sangihe, Talaud, Gorontalo), dan Kalimantan Selatan (pegunungan Meratus)

Hal 10
 

􀂙 Kelapa Sawit
Daerah penghasil kelapa sawit ialah D.I. Aceh (Pulau Simelue), Sumatera Utara (Pulau Nias, Pulau Prayan,Medan, Pematang Siantar).
􀂙 Cokelat
Daerah penghasil cokelat ialah Jawa Tengah (Salatiga) dan Sulawesi Tenggara.
􀂙 Pala
Daerah penghasil pala ialah Jawa Barat dan Maluku. 
􀂙 Cengkeh
Daerah penghasil cengkeh ialah Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara (Tapanuli), Jawa Barat (Banten, Priangan), Jawa Tengah (Banyumas), Sulawesi Utara (Minahasa), dan Maluku.
􀂙 Lada
Daerah penghasil lada ialah Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan (Palembang, Pulau Bangka), dan Kalimantan Barat.
􀂙 Vanili
Hal 11
 Dihasilkan di daerah Flores (Manggarai, Bajawa), Papua, dan daerah-daerah lainnya di Indonesia.
BAB III
PENUTUP
 Kesimpulan
                 Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia  pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, sepertihewan ,tumbuhan  dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik seperti,minyak bumi, gas alam, berbagai jenis, logam, air dan tanah .
   Sumber daya tanah adalah sumber yang berasal dari tanah atau sumber daya material yang dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan demi kesejahteraan manusia.
Manfaat Sumber Daya Tanah Untuk Kehidupan;
·         Penyediaan unsur hara untuk tumbuhan.
·         Penyedia makanan untuk biota tanah.
·         Sebagai habitat hidup dan melakukan kegiatan.
·         Sumber bahan baku barang kerajianan atau perabot rumah tangga.
·         Memiliki nilai ekologi, yaitu mampu menyerap dan menimpan air (melindungi tata air), menekan erosi, serta menjaga kesuburan tanah.
·         Memiliki nilai ekonomis yaitu sebagai aset yang dapat disewakan atau diperjual belikan
·         Mengandung barang tambang atau bahan galian yang berguna untuk manusia
·         Dapat digunakan untuk kelangsungan hidup manusia misalnya; untuk pertanian, daerah industry bahan baku tanah , daerah pemukiman, jalan untuk  transportasi, daerah rekreasi, perkebunan dll.
Dampak Positif Dan Dampak Negatif Sumber Daya Tanah
·         Dampak positif dari sumber daya tanah;
a.      Sebagai Sumber barang kerajinan dan bahan baku dalam pembuatan rumah atau bangunan
b.      Untuk penyediaan unsur hara untuk tumbuhan.
c.      
Hal 12
Sebagai Penyedia makanan untuk biota tanah.
d.      Sebagai habitat hidup dan melakukan kegiatan.
e.      Memiliki nilai ekologi
f.        Memiliki nilai ekonomis
g.       Mengandung barang tambang atau bahan galian yang berguna untuk manusia.
·         Dampak negatif dari sumber daya tanah
1. Bila sumber daya tanah digunakan secara berlebihan maka akan menyebabkan tanah menmjadi labil atau rusak.
      2. Bila penggunaan sumber daya tanah berlebihan maka akan mengakibatkan pencemaran
·         Lokasi pemanfaatan sumber daya tanah
Lokasi Pemanfaatan sumber daya tanah dapat digunakan  untuk pertanian, industry bahan baku dari tanah, perkebunan, kehutanan, dan  peternakan.


Hal 13
 

DAFTAR PUSTAKA
       Noor, Djauhari. 2006. Geologi Lingkungan. Yogyakarta : Graha Ilmu
       Mastugino. 2010. Peta Persebaran Sumber Daya Tanah.   www.mastuginoblogspot.com
      www. Artikel Lingkungan hidup.com
     id.wikipedia.org/wiki/Tanah
    id.wikipedia.org/wiki/Sumber Daya Alam
     syadiashare.com/jenis-tanah.html
     paryoto.com/tanah.html
     pustaka.ictsleman.net/…/2_fungsi_dan_manfaat_tanah.


No comments:

Post a Comment